Tutup Ramadhan, Yayasan Pemuda Bebaskan Seorang Warga dari Lintah Darat

Gambar Ilustrasi. Sumber : Hidayatullah.com

Jakarta – Yayasan Pemuda Bebaskan Hutang Seorang Warga yang Terjerat Hutang-Piutang dengan Rentenir (3/6/2019)

Tim Penyaluran mendapatkan laporan bahwa ada seorang warga bilangan Pondok Gede Bekasi Jawa Barat yang terpaksa terlibat Hutang dengan Lintah Darat.

Kejadian ini bermula saat Momentum Pemilu April 2019 lalu, awalnya Seorang Ibu secara Sukarela membantu seseorang yang Ia kenal, yang pada saat itu sedang mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif dari partai peserta pemilu di daerah pemilihannya.

Bantuan Ibu tersebut berupa memobilisasi warga yang siap menjadi saksi saat pemilu untuk sang Caleg. Persis setelah penghitungan suara selesai, para Saksi meminta upah atas jasanya sesuai yang dijanjikan diawal, namun Caleg tersebut Kabur dan sampai berita ini kami sampaikan tidak ada kabar beritanya.

Para Saksi Marah dan kecewa. Akhirnya Sang Ibu tersebut yang menjadi bulan-bulanan warga para saksi tersebut. Terdesak kondisi tersebut bersamaan dengan rasa tanggungjawab sang Ibu berupaya menyelesaikan penuntasan Dana Saksi, namun sayang tidak cukup dana untuk hal itu, sampai akhirnya terdesak untuk meminjam kepada lintah darat.

Sang Ibu menyatakan menyesal dan berjanji kepada Tim Yayasan Pemuda untuk tidak berhubungan lagi dengan Lintah Darat karena konsekuensi Kandungan Riba dalam akadnya juga keselamatan Diri.

pada akhir kesempatan komunikasi dengan sang Ibu, beliau mengucapkan Terima Kasih kepada para Muzakki dan Donatur yang dana Zakatnya telah membantu dirinya terbebas dari jeratan hutang Riba Lintah Darat.

Pada Akhir Ramadhan 1440 H ini, Yayasan Pemuda terlibat dalam penyelesaian hutang masyarakat yang terlibat lintah darat. Dan Penyaluran Bantuan pelunasan hutang yang sulit terlunaskan akibat kondisi kekurangan dana, hal ini sesuai amanah Al Qur’an bahwa dana zakat salah satunya diperuntukan untuk Ghorimin (Orang yang sulit melunaskan Hutang karena keterbatasan kondisi).

(MHK 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *